Stadion Jatidiri

Stadion Jatidiri merupakan stadion dan GOR kebanggaan masyarakat Jawa Tengah khususnya Semarang yang sedang direnovasi dan hampir selesai.

Perbaikan pun sudah mencapai 90 persen lebih dan dikabarkan akan menjadi stadion termegah ketiga di Tanah Air. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Stadion Jatidiri 

Stadion Jatidiri merupakan homebase kesebelasan PSIS Semarang yang terletak di Jalan Karangrejo Raya, Jatingaleh, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Awal diresmikan tahun 1992 pada masa Gubernur Muhammad Ismail. 

Pada masa Gubernur Ganjar Pranowo, stadion ini mulai direnovasi pada 2016 dan diperkirakan tuntas di akhir 2020 atau awal 2021.

Stadion ini selalu mengalami perbaikan/renovasi setiap pergantian gubernur sehingga semakin memiliki fasilitas yang cukup memadai. Melakukan renovasi semenjak 2006, stadion ini menjadi lebih baik dengan ukuran yang lebih luas, wisma atlet, ruang ganti, tribun penonton, dan kualitas rumput lapangan yang lebih baik.

Namun,  renovasi besar-besaran pernah dilakukan pada 2012 lalu ketika stadion ini menjadi tempat diadakannya babak kualifikasi sepak bola PON XVII.

Pada awalnya renovasi stadion ini akan direncanakan selesai pada 2018, namun mundur dengan kemungkinan selesai pada akhir 2020. Hal tersebut karena anggaran tambahan yang dikabarkan sulit untuk didapatkan. 

Namun, dengan perbaikan-perbaikan yang direncanakan dan beberapa tahap memang hampir selesai, stadion ini akan memiliki kualitas internasional dengan fasilitas lengkap mulai dari lintasan atletik, scoring board, rumput berkualitas, mekanikal elektikal di stadion, dan lain-lain.

Fungsi Stadion Jatidiri 

Stadion yang diperkirakan akan lebih megah dari Stadion Jakabaring ini adalah markas utama tim sepak bola PSIS Semarang. Tidak hanya berfokus pada penyelenggaraan olahraga sepak bola, renovasi Stadion Jatidiri kali ini akan memberi perhatian pada potensi komersil UMKM. 

Namun pada dasarnya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mempersilakan pihak profesional untuk mengelola stadion ini, tidak hanya PSIS. 

Di lingkungan sekitar stadion akan dibangun kompleks perkantoran dan pertokoan dan akan menjadi pusat diselenggarakannya berbagai macam event. Mulai dari pertandingan sepakbola berskala nasional maupun internasional, hingga menjadi potensi pariwisata baru di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang.

Fasilitas Stadion Jatidiri 

Sebelum di renovasi, kapasitas kursi penonton di stadion ini hanya 21.000 kursi. Kapasitas kursi pun dikabarkan akan ditambah hingga menjadi 60.000 kursi.

Tidak hanya sebagai tempat bermain sepakbola, gedung olahraga di stadion ini pun menyediakan berbagai sarana olahraga yang lengkap, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas olahraga sebagai berikut :

  1. Volly
  2. Futsal
  3. Badminton
  4. Basket
  5. Lapangan tenis indoor dan outdoor
  6. Kolam renang di sebelah barat
  7. Roller skate
  8. Lintasan sepatu roda
  9. Squash
  10. Lapangan tembak
  11. Gym 
  12. Sepak takraw
  13. Tekwondo
  14. Panjat tebing
  15. Lintasan atletik

Selain tempat untuk melakukan berbagai macam olahraga, fasilitas penunjang penting lainnya di stadion ini antara lain sebagai berikut :

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Ruang ganti untuk pemain
  • Ruang VIP dengan bahan khusus

Selain itu, stadion ini juga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang ingin sekedar jalan-jalan santai di hari libur atau melakukan berbagai aktivitas olahraga di dalamnya karena fasilitas yang disediakan terbilang lengkap. Bahkan area di sekitar stadion ini sangat nyaman dijadikan trek jogging di hari minggu pagi.

Data Stadion Jatidiri

 

Berbagai event olahraga pernah diadakan di stadion ini, antara lain :

  • Kualifikasi pertandingan sepak bola pada PON  XVII 2012
  • Kompetisi liga domestik
  • Berbagai event olahraga selain sepak bola misalnya PELATDA PON Panjat Tebing Jawa Tengah 2020

Meskipun belum benar-benar rampung, stadion ini bahkan sudah didaftarkan PSIS untuk Liga 1 2020. Gubernur Ganjar Pranowo bahkan merencanakan Stadion Jatidiri untuk menjadi venue gelaran Piala Dunia U-20 pada 2021 dimana Indonesia terpilih sebagai tuan rumah event internasional tersebut.

Harga Tiket Stadion

  • Parkir motor  : Rp. 2000
  • Kolam renang : Rp. 8000 (hari biasa) dan Rp.10.000 (hari libur)

Beberapa Fakta Menarik Mengenai Stadion ini

Berikut fakta-fakta menarik tentang stadion jatidiri

Tribun Penonton Sempat Runtuh 

Pada awalnya, stadion ini memang aman berdiri kokoh untuk menampung supporter PSIS Semarang dan puluhan ribu penonton lainnya. Akan tetapi pada 15 Februari 2014 sempat terjadi kejadian naas, yaitu saat tim PSIS sedang bertanding dengan Timnas U-19.

Tiba-tiba tribun penonton ambruk pada saat tengah asyik menikmati jalannya pertandingan. Hal tersebut menyebabkan belasan penonton luka-luka dan kerusakan yang cukup parah. Pada saat kejadian, penonton nampak berhamburan keluar dan berlari hingga keluar pagar stadion untuk menyelamatkan diri. 

Dikabarkan kejadian tersebut disebabkan oleh kondisi struktur bangunan stadion yang kelebihan muatan penonton serta kurangnya kualitas bahan bangunan. Pada akhirnya laga tersebut sempat dihentikan kemudian dilanjutkan dengan skor akhir imbang. Pasukan PSIS Semarang melawan Timnas Indonesia U-19 mendapat skor 1 sama.

Terjadinya Kerusuhan Menyebabkan Harus Dilakukannya Perbaikan

Akibat terjadinya kerusuhan beberapa waktu lalu, stadion ini pun kembali memasuki tahap renovasi. Beberapa bagian stadion terbakar dan mengalami kerusakan yang dilakukan oleh oknum pendukung tim sepakbola.

Dikabarkan bahwa Stadion Jatidiri akan menjadi stadion bertaraf internasional dengan kapasitas penonton mencapai 60.000 orang yang awal mulanya hanya 21.000 kursi. Selain itu, stadion ini akan mengadopsi konsep mirip dengan Stadion Gelora Bung Karno. 

Stadion ini akan memiliki teknologi yang dapat menutupi seluruh tribun yaitu dengan menerapkan sistem atap yang bisa memutar sehingga stadion ini akan dibangun sebagai konsep stadion tertutup. Diharapkan dengan diterapkannya konsep tersebut dapat mengurangi kasus penonton yang seringkali kedapatan naik ke tiang lampu stadion. 

Renovasi stadion Jatidiri terdiri dari beberapa tahap yang diharapkan segera selesai sesuai target waktu yang ditentukan. Selain memperbaiki struktur stadion seperti fondasi tribun di sebelah utara, selatan, dan timur, fokus renovasi kali ini akan dilakukan perbaikan pada sistem drainase dan pemasangan rumput lapangan yang lebih berkualitas.

Anggaran Renovasi Stadion

Dengan perbaikan-perbaikan yang dilakukan, dikabarkan stadion kebanggaan masyarakat Semarang ini akan menjadi salah satu stadion terbaik di Tanah Air. Renovasi stadion ini pun mendapat anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebesar ratusan miliar.

Saat ini, progress renovasi stadion sudah mencapai tahap kelima dan terus berlanjut. Fokus pembangunan adalah pada pemasangan atap di sisi barat dan kelengkapan sarana prasarana misalnya peralatan untuk sepak bola dan olahraga atletik serta pemasangan lampu stadion.

Hingga 2020 ini anggaran yang telah dialokasikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk perbaikan stadion ini adalah sebagai berikut :

  • 2016 sampai 2019 mencapai Rp. 436 miliar
  • Pembangunan tahap kelima (2020) mencapai Rp. 100 miliar
  • Anggaran yang direncanakan adalah sekitar Rp. 650 miliar

Setelah selesainya renovasi ini pun, pihak Pemprov Jateng merencanakan pembangunan Stadion Jatidiri bisa dilakukan dengan sistem multiyears. Yaitu pembangunan berkelanjutan agar para atlet dapat menikmati fasilitas olahraga memadai sehingga dapat menunjang prestasi mereka.

Akhir Kata

Stadion Jatidiri memang sangat ditunggu kerampungannya tidak hanya oleh klub PSIS, melainkan seluruh warga Semarang dan masyarakat yang ingin menikmati kemegahan stadion tersebut. Berbagai macam olahraga pun bisa dilakukan di stadion ini bahkan disediakan pula tempat serbaguna untuk aneka jenis UMKM, sangat menarik bukan?

Leave a Comment